10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)
 10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (Terbukti)
Apa itu Komputer ?? 
Pengertian Komputer
Istilah komputer sendiri diambil dari bahasa asing ( Inggris ) yaitu to compute yang mempunyai pengertian menghitung, sementara dalam bahasan latin disebut dengan computare. Secara konsep dasar komputer adalah perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan operasi aritmatika, jadi apabila sobat menemukan perangkat elektronik yang dapat menghitung seperti kalkulator, handphone, smartphone dan lain sebagainya yang bisa mengerjakan perhitungan aritmatika, perangkat tersebut masuk dalam kategori komputer juga.

Dari uraian diatas bisa disimpulkan, pengertian komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari jutaan komponen yang dapat berkerjasama dan melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai dengan intruksi yang diberikan dan kemudian menghasilkan output berupa informasi. Apabila sobat membaca buku Computer Organization karya dari V.C hamacher dijelaskan bahwa komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menghitung dengan cepat serta bisa menerima informasi data digital , memproses dan kemudian menghasilkan data berupa informasi.





10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (Terbukti) - mempunyai komputer yang lemot atau lambat sangatlah menyebalkan. Apa penyebab serta cara mengatasinya?
komputer umumnya akan melambat kinerjanya setelah digunakan beberapa tahun. terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab komputer lemot.


Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat

Beberapa di antaranya adalah terlalu banyak file, virus, serta aplikasi yang tak terpakai. buat memperoleh kinerja komputer yang lebih cepat, Anda tidak perlu membeli yang baru atau melakukan instal ulang.

terdapat beberapa cara mengatasi komputer lemot baik itu buat Windows XP, Windows 7 dan  Windows 8.

Berikut beberapa cara buat mengatasi komputer Anda yang lemot / agar komputer tidak lemot dan  cara ini hampir tak memerlukan aplikasi tambahan.


1.Cek memori harddisk

Semakin sering Anda memakai komputer, semakin sedikit memori kosong yg ada di harddisk. oleh karena itu, Anda harus sering-sering mengecek jumlah memori kosong di komputer Anda. Bila komputer Anda mempunyai banyak ‘free space’ maka kemungkinan besar  komputer Anda akan memilki kinerja yg lebih cepat.
tetapi Bila ‘free space’ yg ada tinggal 10%, maka komputer Anda akan menjadi sangat lemot. untuk itu, komputer Anda paling tidak wajib  mempunyai 15% ‘free space’.

untuk mengecek memori harddisk anda, Anda bisa mengklik "Computer" (pada Windows 7 ke atas) atau "My Computer" (di Windows XP) lalu klik kanan di salah satu partisi harddisk serta pilih "Properties".

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)


jendela baru akan muncul serta memberikan sebuah diagram. Bila diagram menunjukkan bahwa memori harddisk Anda hampir penuh, maka Anda harus segera menghapus atau memindahkan arsip-arsip atau software yg tidak dipakai.


2.Membersihkan file yang tidak terpakai (temporary files)

file sementara atau temporary file umumnya tersimpan di harddisk. file-file ini terbentuk saat Anda bekerja memakai komputer. Anda bisa menghapusnya menggunakan ‘Disk Cleanup’. Tool yg satu ini bisa membersihkan ratusan megabyte file sementara di komputer Anda.

Windows memiliki program Disk Cleanup bawaan. buat membuka Disk Cleanup,

Windows XP 
Start  >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Cleanup 

Windows 7 ke atas
Ketikan “Disk Cleanup“ di menu Start. 




  • Centang semua kotak dan  klik "OK.".
  • Bila timbul pesan, pilih "Delete Files" klik ok




3.Hapus file direktori temp

sesudah menggunakan Disk Cleanup, Anda bisa menghapus file direktori temp. Buka menu Run dengan memilih "Start" >> "Run" atau tekan bersamaan tombol Windows Key (sebelah tombol Alt) serta tombol R, kemudian ketikkan %temp% dan  "OK."

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)


Hapus semua file yang ada di sana. Jangan ragu buat menghapusnya karena file-file tersebut merupakan file tidak terpakai.

4.Hapus file direktori prefetch

Sama seperti cara di atas tapi kali ini ketikkan "prefetch".

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)


10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)



Sama seperti sebelumnya, jangan ragu buat menghapusnya karena file-file tersebut adalah file yang tidak terpakai.

5.Jangan letakkan file berukuran besar  di desktop

Beberapa orang senang menyimpan files serta software pada desktop sebab alasan kepraktisan. namun sebaiknya hindari hal ini.
Menyimpan terlalu banyak aplikasi serta file pada desktop akan membuat komputer Anda lemot karena komputer harus menampilkan kesemuanya dahulu. Anda sebaiknya memindahkan file dan  software yang jarang Anda pakai di file folder yang lain dalam partisi.


Baca Juga : 



6.Defragment harddisk komputer secara rutin

Harddisk komputer Anda akan terfrakmentasi ke dalam ratusan bagian file pada aneka macam lokasi seiring berjalannya waktu serta penggunaan. Hal ini akan memperlambat respons serta kinerja komputer Anda.

buat mempercepat kinerja komputer, Anda wajib  melakukan defragment. dengan proses ini, semua data yang beredar akan dikumpulkan berdasarkan tipenya sehingga membuat komputer tidak terlalu banyak memakan waktu serta lebih mudah mencarinya.

Windows mempunyai program Defragment bawaan. buat menjalankan program ini,

Windows XP Start  >> All Programs >> Accessories >> System Tools >> Disk Defragmenter

Windows 7 ke atasKetikkan “Disk Defragmenter“ di menu Start

cara lain  membuka Defragment Tool adalah

  • -.Klik "Start" kemudian klik "Computer" atau "My Computer
  • -.Klik kanan pada salah satu partisi harddisk 
  • -.Pilih "Properties" kemudian pilih "Tool
  • -.Klik "Defragment Now"


Pilih direktori yang ingin di defrag kemudian pilih "Defragmant disk"
Jalankan program ini setiap dua minggu sekali buat memaksimalkan kinerja komputer Anda.

7.Cek disk error

Disk error dipastikan membuat komputer Anda lemot. Hal ini umumnya disebabkan oleh berbagai hal seperti komputer mati tiba-tiba saat mati lampu, data korup, serta software korup.

oleh karena itu, Anda wajib  sering-sering mengecek disk error. dengan melakukan langkah ini, komputer Anda akan bisa bekerja lebih cepat serta bebas dari error serta ‘bad sector’.

Berikut cara mengecek disk error di komputer anda.

  • Klik "Start" lalu klik "Computer" atau "My Computer"
  • Klik kanan pada salah satu partisi harddisk
  • Pilih "Properties" kemudian pilih "Tool"
  • Klik "Check Now




8.Hapus (uninstall) program yang sudah tidak digunakan

tidak ada gunanya tetap mempertahankan program yg telah tidak Anda gunakan lagi. Segera hapus program-program tadi agar menambah ruang kosong harddisk.

Klik Start >>> Control Panel. Pilih "Uninstall a program" (Windows 7 ke atas) atau "Add or Remove Programs" (Windows XP).
Segera hapus seluruh program yg tak Anda pakai

Baca Juga:



9.Kelola program startup

program startup adalah program-program yang akan langsung dijalankan begitu komputer dinyalakan. Beberapa acara memang diharapkan agar dijalankan otomatis begitu dinyalakan (umumnya program default Windows) akan tetapi tidak semuanya wajib  dijalankan.

program yg tidak harus dijalankan otomatis tadi umumnya merupakan program yang Anda instal sendiri.

dengan banyaknya program startup, Windows akan membutuhkan waktu lebih banyak buat menjalankan seluruh program tadi sebelum siap Anda pakai.
Sekali lagi buka menu Run serta ketikkan "msconfig"

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)


Pilih tab "Startup."

10 Cara Mengatasi komputer Lemot atau Lambat (100% work)


program yang diberi tanda centang artinya program yang akan dijalankan otomatis saat personal komputer  menyala. Hilangkan tanda centang di program yang tidak perlu dijalankan secara otomatis.

10.Hilangkan visual effect Windows

 Anda tahu bahwa terdapat berbagai efek yang dijalankan Windows agar terlihat menarik? Visual ini sedikit banyak menghasilkan komputer Anda lemot serta Anda diberikan pilihan buat mematikannya.

Windows XPKlik kanan "My Computer" kemudian pilih "Properties"
Pilih tab "Advanced" serta pilih "Setting" di menu "Performance"
Windows 7 ke atasPilih "Start" kemudian ketikkan "view advanced" dan  pilih "View advanced system settings"
Pilih tab "Advanced" dan  pilih "Setting" di menu "Performance"

Pilih "Custom" serta hilangkan tanda centang di efek visual. Tampilan Windows akan menjadi tidak sebagus serta semulus biasanya akan tetapi percayalah hal ini membuat komputer Anda lebih cepat.

Cara di atas telah terbukti bisa mengatasi komputer  Windows XP, 7, serta 8 yg lemot atau lambat.

itulah penjelasan Tentang Cara mengatasi komputer lemot windows 7 , Cara mengatasi komputer lemot windows 8 , Cara mengatasi komputer lemot windows 10 , Cara mengatasi komputer lemot windows xp , mengatasi komputer lemot tanpa instal ulang

Semoga cara di atas bisa membantu komputer Anda sebagai lebih cepat. Semoga bermanfaat.